Saat sedang menggunakan suatu aplikasi kadang kita ketemu istilah Referral.
Lalu sebetulnya, apa arti Referral itu? Dalam dunia bisnis,
referral adalah sebuah kode yang biasanya kita gunakan untuk tujuan strategi
pemasaran.
Untuk selengkapnya mengenai arti Referral dan Manfaatnya,
kamu bisa simak penjelasannya pada artikel berikut ini.
Apa itu Referral?
Referral adalah sebuah strategi marketing yang berguna untuk
mendorong para pelanggan dalam mengajak calon customer baru yang lain.
Ya, sesuai namanya, referral artinya adalah rujukan atau dalam hal ini sama dengan mengajak orang untuk pembuatan akun, membagikan konten, hingga ajakan untuk membeli produk oleh pelanggan kepada calon customer baru. Jadi, apa itu referral? Secara sederhana, arti referral adalah sebuah system di mana kamu mengajak orang untuk mengunjungi website atau tautan untuk mendapatkan kode referral tertentu.
Kemudian, apabila orang yang kamu ajak tertarik dan menggunakan kode referral, maka kamu akan menerima komisi tersebut. Nah komisi yang diberikan bisa bermacam-macam tergantung penyedia jasa dan produknya. Salah satu contohnya bisa digunakan untuk membeli skin pada permainan mobile legends. Biasanya didalam game tersebut memiliki banyak hero dengan beberapa role seperti assassin, fighter, mage, support, tank, dan tentunya yang paling sulit dimainkan adalah role marksman. Tapi tenang saja, kami akan memberikan beberapa tips menggunakan hero brody diartikel selanjutnya. Pada umumnya, kode referral adalah kode unik berupa angka, huruf, symbol atau kombinasi keduanya. Dapat dikatakan, kode referral adalah suatu alat yang digunakan untuk mengajak orang bergabung.
Disisi lain, kode referral juga bisa berupa tautan atau link yang dapat mengarah langsung untuk melakukan aksi tertentu seperti mengunduh atau mendaftar akun. Pemegang kode bisa membagikan referral ini dengan teman atau keluarga untuk mendapatkan keuntungan, seperti diskon produk, cashback, sampai komisi. Dalam praktek e-commerce, kode referral biasanya ditawarkan untuk diskon. Adapun cara kerjanya adalah ketika pelanggan menggunakan kode referral saat checkout, maka mereka akan langsung mendapatkan diskon
Cara Kerja Referral
Lantas sebenarnya, bagaimana cara kerja referral? Untuk
mengetahui lebih lengkapnya, ikuti penjelasan mengenai cara kerja referral
adalah sebagai berikut.
Kode referral adalah sebuah kode yang bisa kamu bagikan untuk setiap pengguna aplikasi atau member progam tertentu.
Oleh karena itu, kode referral diterbitkan berbeda untuk setiap penggunanya.
Pada beberapa aplikasi atau website layanan, masing-masing pengguna juga bisa melakukan customisasi kode sesuai yang diinginkan untuk membuat kode referral tersebut.
Kemudian, apabila kode referral sudah terbuat, kamu bisa langsung membagikannya ke setiap pengguna di platform manapun, seperti sosmed, blog atau website, pesan broadcast, dari mulut ke mulut, dan lain sebagainya.
Selanjutnya, ketika kode referral tersebut digunakan oleh pengguna lain, maka system akan langsung mendeteksi dan mengumpulkan data.
Lalu, penyedia kode referral pun akan melakukan verifikasi dari akumulasi penggunaan kode referral tersebut.
Setelah verifikasi, system akan memberikan sejumlah keuntungan kepada pemegang kodenya sesuai dengan kebijakan yang sudah ada.
Misalnya, pemegang kode akan mendapatkan rewards progam referral baik berupa poin, komisi uang, promo diskon, dan lain-lain
Jenis-jenis Referral untuk Marketing
Terdapat beberapa jenis referral untuk marketing yang harus kamu ketahui. Apa sajakah itu?
Berikut adalah jenis-jenis referral untuk marketing. Yuk silahkan disimak.
Jenis pertama adalah one way incentives referrer, di
mana arti referral ini hanya akan memberikan imbalan kepada meraja yang
merekomdasikan saja.
Kebalikan dari sebelumnya, jenis kedua
adalah one way incentives referred, di mana pada referral ini, pelangganlah
yang akan mendapatkan keuntungan.
Sebagai contoh, dengan menggunakan kode referral, pelanggan akan mendapatkan diskon.
Selanjutnya, adalah two way incentives referral, yaitu jenis referral yang akan menguntungkan kedua belah pihak, baik dari pemberi ataupun penerima yang direkomendasikan.
Dengan adanya referral ini, maka para pelanggan akan mempunyai motivasi yang kuat untuk merekomendasikannya pada para custumer barunya.
Jenis referral yang terakhir ini tidak akan memberikan imbalan apapun pada para pelanggannya.
Jenis referral ini bisa berjalan dengan sukses bila produk maupun layanan milikmu benar-benar bisa dan mampu membuat pelanggan sangat puas.
Dengan begitu, secara senang hati, pelanggan juga akan merekomendasikannya kepada orang terdekat.
Manfaat Referral bagi Konsumen
Sampai disini, mungkin kamu penasaran apa manfaat referral bagi konsumen. Nah untuk mengetahuinya, simak penjelasan mengenai manfaat referral adalah sebagai berikut.
Pertama, manfaat referral adalah memungkinkan konsumen untuk mendapat komisi. Komisi bisa diterima ketika ada aksi tertentu, seperti daftar akun baru atau pembelian suatu produk.
Tentunya, besaran komisi ini beraneka ragam, tergantung kebijakan dari pihak penyedia jasa atau layanan referral.
Berikutnya, manfaat referral adalah membantu konsumen lain untuk mendapatkan diskon pada pembelian produk tertentu melalui kode referral
Mengingat kode referral bisa dibagikan kepada siapa pun, maka konsumen lain juga dapat menikmatinya.
Terkhir, manfaat referral adalah untuk memberikan harga pembelian produk supaya jauh lebih murah. Sebab biasanya, kode referral akan memberikan rate diskon 10-50% bagi para penggunanya.
Manfaat Referral bagi Bisnis
Referral adalah salah satu strategi pemasaran bisnis yang akan sama-sama menguntungkan kedua belah pihak, baik bagi perusahaan ataupun konsumen.
Adapun manfaat referral untuk bisnis adalah sebagai berikut.
1. Mendatangkan Lebih Banyak KonsumenDiketahui, promosi referral memiliki rasi konversi 70% lebih tinggi jugka dibandingkan tanpa program referral.
Demikian penjelasan mengenai apa itu referral dan berbagai
macam manfaatnya. Referral adalah salah satu jenis strategi pemasaran yang juga
bisa kamu gunakan untuk meningkatkan penjualan.
Sebab, kode ini akan membantu kamu menarik lebih banyak
konsumen baru dengan mudah dan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!