Apa itu Referral? Pengertian dan Manfaatnya

Saat sedang menggunakan suatu aplikasi kadang kita ketemu istilah Referral.

Lalu sebetulnya, apa arti Referral itu? Dalam dunia bisnis, referral adalah sebuah kode yang biasanya kita gunakan untuk tujuan strategi pemasaran.

Untuk selengkapnya mengenai arti Referral dan Manfaatnya, kamu bisa simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

 

Apa itu Referral?

Referral adalah sebuah strategi marketing yang berguna untuk mendorong para pelanggan dalam mengajak calon customer baru yang lain.

Ya, sesuai namanya, referral artinya adalah rujukan atau dalam hal ini sama dengan mengajak orang untuk pembuatan akun, membagikan konten, hingga ajakan untuk membeli produk oleh pelanggan kepada calon customer baru. Jadi, apa itu referral? Secara sederhana, arti referral adalah sebuah system di mana kamu mengajak orang untuk mengunjungi website atau tautan untuk mendapatkan kode referral tertentu.

Kemudian, apabila orang yang kamu ajak tertarik dan menggunakan kode referral, maka kamu akan menerima komisi tersebut. Nah komisi yang diberikan bisa bermacam-macam tergantung penyedia jasa dan produknya. Salah satu contohnya bisa digunakan untuk membeli skin pada permainan mobile legends. Biasanya didalam game tersebut memiliki banyak hero dengan beberapa role seperti assassin, fighter, mage, support, tank, dan tentunya yang paling sulit dimainkan adalah role marksman. Tapi tenang saja, kami akan memberikan beberapa tips menggunakan hero brody diartikel selanjutnya. Pada umumnya, kode referral adalah kode unik berupa angka, huruf, symbol atau kombinasi keduanya. Dapat dikatakan, kode referral adalah suatu alat yang digunakan untuk mengajak orang bergabung.

Disisi lain, kode referral juga bisa berupa tautan atau link yang dapat mengarah langsung untuk melakukan aksi tertentu seperti mengunduh atau mendaftar akun. Pemegang kode bisa membagikan referral ini dengan teman atau keluarga untuk mendapatkan keuntungan, seperti diskon produk, cashback, sampai komisi. Dalam praktek e-commerce, kode referral biasanya ditawarkan untuk diskon. Adapun cara kerjanya adalah ketika pelanggan menggunakan kode referral saat checkout, maka mereka akan langsung mendapatkan diskon

 

Cara Kerja Referral

Lantas sebenarnya, bagaimana cara kerja referral? Untuk mengetahui lebih lengkapnya, ikuti penjelasan mengenai cara kerja referral adalah sebagai berikut.

1.      Buat Kode Referral

Kode referral adalah sebuah kode yang bisa kamu bagikan untuk setiap pengguna aplikasi atau member progam tertentu.

Oleh karena itu, kode referral diterbitkan berbeda untuk setiap penggunanya.

Pada beberapa aplikasi atau website layanan, masing-masing pengguna juga bisa melakukan customisasi kode sesuai yang diinginkan untuk membuat kode referral tersebut.

2.      Sebarkan Kode Referral

Kemudian, apabila kode referral sudah terbuat, kamu bisa langsung membagikannya ke setiap pengguna di platform manapun, seperti sosmed, blog atau website, pesan broadcast, dari mulut ke mulut, dan lain sebagainya.

3.      Redeem Kode Referral

Selanjutnya, ketika kode referral tersebut digunakan oleh pengguna lain, maka system akan langsung mendeteksi dan mengumpulkan data.

Lalu, penyedia kode referral pun akan melakukan verifikasi dari akumulasi penggunaan kode referral tersebut.

4.      Dapatkan Keuntungan

Setelah verifikasi, system akan memberikan sejumlah keuntungan kepada pemegang kodenya sesuai dengan kebijakan yang sudah ada.

Misalnya, pemegang kode akan mendapatkan rewards progam referral baik berupa poin, komisi uang, promo diskon, dan lain-lain

Jenis-jenis Referral untuk Marketing

Terdapat beberapa jenis referral untuk marketing yang harus kamu ketahui. Apa sajakah itu?

Berikut adalah jenis-jenis referral untuk marketing. Yuk silahkan disimak.

1.      One Way Incentives Referrer

Jenis pertama adalah one way incentives referrer, di mana arti referral ini hanya akan memberikan imbalan kepada meraja yang merekomdasikan saja.

2.      One Way Incentives Referred

Kebalikan dari sebelumnya, jenis kedua adalah one way incentives referred, di mana pada referral ini, pelangganlah yang akan mendapatkan keuntungan.

Sebagai contoh, dengan menggunakan kode referral, pelanggan akan mendapatkan diskon.

3.      Two Way Incentives Referral

Selanjutnya, adalah two way incentives referral, yaitu jenis referral yang akan menguntungkan kedua belah pihak, baik dari pemberi ataupun penerima yang direkomendasikan.

Dengan adanya referral ini, maka para pelanggan akan mempunyai motivasi yang kuat untuk merekomendasikannya pada para custumer barunya.

4.      No Incentives

Jenis referral yang terakhir ini tidak akan memberikan imbalan apapun pada para pelanggannya.

Jenis referral ini bisa berjalan dengan sukses bila produk maupun layanan milikmu benar-benar bisa dan mampu membuat pelanggan sangat puas.

Dengan begitu, secara senang hati, pelanggan juga akan merekomendasikannya kepada orang terdekat.

Manfaat Referral bagi Konsumen

Sampai disini, mungkin kamu penasaran apa manfaat referral bagi konsumen. Nah untuk mengetahuinya, simak penjelasan mengenai manfaat referral adalah sebagai berikut.

1.      Memberikan Banyak Keuntungan

Pertama, manfaat referral adalah memungkinkan konsumen untuk mendapat komisi. Komisi bisa diterima ketika ada aksi tertentu, seperti daftar akun baru atau pembelian suatu produk.

Tentunya, besaran komisi ini beraneka ragam, tergantung kebijakan dari pihak penyedia jasa atau layanan referral.

2.      Mempermudah Penyebaran Diskon

Berikutnya, manfaat referral adalah membantu konsumen lain untuk mendapatkan diskon pada pembelian produk tertentu melalui kode referral

Mengingat kode referral bisa dibagikan kepada siapa pun, maka konsumen lain juga dapat menikmatinya.

3.      Harga Produk Jadi Lebih Murah

Terkhir, manfaat referral adalah untuk memberikan harga pembelian produk supaya jauh lebih murah. Sebab biasanya, kode referral akan memberikan rate diskon 10-50% bagi para penggunanya.

Manfaat Referral bagi Bisnis

Referral adalah salah satu strategi pemasaran bisnis yang akan sama-sama menguntungkan kedua belah pihak, baik bagi perusahaan ataupun konsumen.

Adapun manfaat referral untuk bisnis adalah sebagai berikut.

1. Mendatangkan Lebih Banyak Konsumen

Pertama, manfaat referral bagi bisnis adalah supaya mampu menjangkau lebih banyak konsumen.
Diketahui, promosi referral memiliki rasi konversi 70% lebih tinggi jugka dibandingkan tanpa program referral.

Selain itu, pelanggan yang dirujuk ke suatu merek juga memiliki kemungkinan hingga 5x lebih besar untuk menggunakan program rujukannya.

2. Membangun Brand Awareness

Selanjutnya, manfaat referral adalah menjangkau konsumen supaya lebih efektif. Pengguna dapat mendistribusikan kode referral kemana saja secara personal.

Nah melalui referral yang lebih personal inilah, brand awareness bisa meningkat. Sebab, semakin tinggi tingkat kepercayaan pelanggan terhadap suati bisnis, tentunya akan semakin meningkatkan penjualan.

3. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Berikutnya, manfaat referral adalah dapat meningkatkan loyalitas konsumen. Selain mendaftar atau berbelanja, konsumen juga bisa mendapatkan keuntungan dari progam referral tersebut.

Konsumen bisa mendapatkan keuntungan seperti diskon, komisi, dan lainnya. Dengan begitu, konsumen pasti akan lebih loyal terhadap produkmu dan memprioritaskannya.

Demikian penjelasan mengenai apa itu referral dan berbagai macam manfaatnya. Referral adalah salah satu jenis strategi pemasaran yang juga bisa kamu gunakan untuk meningkatkan penjualan.

Sebab, kode ini akan membantu kamu menarik lebih banyak konsumen baru dengan mudah dan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Komentar

Postingan Populer